PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI FIBER OPTIC MUDA DAN NETWORK ADMINISTRATOR MUDA 2019

Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian tahun 2019 di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika (JPTEI) telah selesai dilaksanakan. Uji Kompetensi dilaksanakan dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Negeri Yogyakarta (LSP UNY). Uji Kompetensi yang dilaksanakan ada 2 Skema yaitu Fiber Optik (FO) Muda dan Network Administrasi (Net Admin) Muda. Skema FO Muda diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika (Prodi PTE), sedangkan Skema Net Admin Muda diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (Prodi PTI).

Uji kompetensi Skema Net Admin Muda dilaksanakan selama 2 hari pada 19-20 Desember 2019, diikuti oleh 19 asesi. Ada dua asesor yang ditugaskan dari LSP UNY untuk menguji skema ini yaitu Dr.phil. Rahmatul Irfan dan Nuryake Fajaryati, M.Pd. Kegiatan dilaksanakan di TUK INFORMATIKA UNY (Laboratorium Jaringan di Gedung IDB). Pelaksanaan uji kompetensi meliputi ujian praktek dan ujian lisan. Sedangkan uji kompetensi Skema FO Muda dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2019, diikuti oleh 14 asesi. Asesor yang ditugaskan LSP UNY untuk melaksanakan uji yaitu Dr. Eko Marpanaji dan Satriyo Agung Dewanto, M.Pd. Kegiatan dilaksanakan di TUK ELEKTRONIKA UNY (Laboratorium FTTH di Gedung LPTK). Pelaksanaan uji kompetensi meliputi ujian praktek dan ujian tertulis.

Ketua Jurusan PTEI, Handaru Jati, Ph.D., mejelaskan bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi ini bertujuan untuk melihat hasil kompetensi mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran di perkuliahan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membekali mahasiswa untuk memiliki sertifikasi kompetensi keahlian saat lulus nanti. Dalam pelaksanaan Uji Kompetensi sendiri, pihak jurusan sepenuhnya bertanggung jawab dalam segi pendanaan dengan memanfaatkan subsidi anggaran dari Dana Fakultas sehingga mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya uji kompetensi.

Indonesian