Webinar by.U Telkomsel yang bekerjasama dengan Pendidikan Teknik Elektronika UNY

Webinar yang diselenggarakan oleh by.U Telkomsel bersama Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika mengusung tema “Introduction to Design Thinking”. Webinar dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2020 pukul 13.00 WIB kemarin dihadiri oleh jajaran birokrasi FT UNY diantaranya Wakil Dekan 3 FT UNY Bpk. Drs. Darmono, M.T. serta Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika Bpk. Handaru Jati, ST.,M.M.,M.T.,Ph.D dan Ketua Program Studi Bpk. Dr. phil. Ir. Mashoedah, S.Pd., M.T.

Lumiyana Febri selaku pemateri menyampaikan bahwa “Design” adalah interative process (proses yang berulang-ulang). Jadi, untuk menghasilkan desain yang baik, itu ada proses yang diulang-ulang sedangkan “Design Thinking”, yaitu proses yang harus dilalui untuk membuat sebuah solusi yang akan diadopsi oleh orang-orang.

Poin - poin yang disampaikan pada materi sebagai berikut:

  1. Empathize, bagaimana kita memahami lebih dalam mengenai target segmen kita. Umumnya ada 3 tools, yaitu Maslow Pyramid, MBTI, Persona Creation.
  2. Define, kita harus tahu masalah apa yang dihadapi oleh target segmen kita. Ada beberapa tools yang dapat digunakan, yaitu 180-Degrees Method (kita cari hal-hal apa saja yang membuat orang tidak mau membeli produk kita), Paraphrase Method (bagaimana cara membuat pekerjaan itu lebih mudah), Redirect the Focus (mengatur ulang fokus kita).
  3. Ideate, kuncinya adalah kita tidak boleh fokus pada kualitasnya, tapi fokus pada kuantitasnya (mengumpulkan sebanyak-banyaknya ide). Tools: Brainstorming, Design Charrette, Mind Mapping.
  4. Prototype, bagaimana cara kita memvisualisasikan ide kita. Prototyping process: Wireframe, Mockup, Prototype. Tools: Invision, Adobe Experience Design, Origami Studio, dll.
  5. Test, kuncinya adalah kita harus mengetes produk kita ke REAL customer. Stepnya, yaitu: bertemu dengan real customer kita, menunjukkan produk prototype kita kemudian menggali insight mereka.
Indonesian