SOSIALISASI ROBOT SEMPROT DI GAPOKTAN MUGIMULYO MAGELANG PADA PROGRAM MATCHING FUND

Dalam rangka pelaksanaan program hibah Matching Fund (MF) 2023, tim peneliti yang beranggotakan dosen dari Program studi Pendidikan Teknik Elektronika FT serta Program studi D4 Teknik Elektronika FV melakukan Kerjasama dengan Gapoktan Mugi Mulyo. Kegiatan pelaksanaan program MF telah menghasilkan berbagai kegiatan inovatif yang bertujuan untuk memberikan dampak positif pada Masyarakat terkhusus anggota kelompok Gapoktan Mugi Mulyo. Salah satu inovasi unggulan dari program ini adalah pengembangan dan penerapan "Robot Semprot" untuk pertanian holtikultura. Dari dua unit robot yang telah ditargetkan, dua unit telah berhasil dirakit, dan saat ini, satu unit robot sedang menjalani uji lapangan. Tim peneliti dari UNY juga telah melaksanakan kegiatan forum diskusi persiapan penggunaan dan perawatan robot di Gapoktan Mugi Mulyo Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang yang dilaksanakan pada tanggal 8 September 2023. Kegiatan forum diskusi meliputi pemaparan terkait produk Robot Semprot yang nantinya akan diimplementasikan di areal persawahan Gapoktan Mugi Mulyo. Sebelum penerapan robot terlaksana, diperlukan analisis kebutuhan yang matang baik dari segi teknis maupun target pengguna. Kegiatan forum ini bertujuan untuk memberikan gambaran teknologi produk serta meminta saran dari anggota gapoktan untuk evaluasi produk robot semprot sebelum nantinya diimplementasikan.

Hingga saat ini, tahap persiapan pengembangan robot yang telah terlaksana. Dua tahap berikutnya, yaitu penerapan dan perawatan robot semprot, masih dalam rencana pelaksanaan. Namun, rencananya, kedua tahapan ini akan segera dilakukan setelah robot kedua berhasil menjalani uji coba lapangan. Dalam hal hak kekayaan intelektual, tim peneliti telah menyusun draft dokumen hak cipta untuk robot semprot, menunjukkan komitmen mereka dalam melindungi inovasi yang dihasilkan. Kolaborasi ini melibatkan tujuh dosen berpengalaman dari berbagai disiplin ilmu di UNY, yang memberikan kontribusi intelektual dan teknis dalam pengembangan robot, ditambah dengan lima mahasiswa dari program studi D4 Teknik Elektronika. Seluruh kegiatan ini dilaksanakan di beberapa lokasi berbeda. Untuk pengembangan robot dilakukan di laboratorium UNY, sedangkan pelaksanaanuji coba lapangan di lokasi mitra, yaitu Gapoktan Mugi Mulyo.

Kolaborasi ini merupakan refleksi nyata dari komitmen UNY dalam menerapkan penelitian dan inovasi untuk kemaslahatan masyarakat, khususnya dalam mendukung produktivitas dan efisiensi dari Gapoktan Mugi Mulyo. Dengan "Robot Semprot" yang inovatif dan berbagai kegiatan pendampingan, diharapkan kolaborasi ini akan membawa manfaat yang besar bagi pertanian dan masyarakat setempat.

Indonesian