INTERNSHIP DPTEI FT UNY DAN ALIBABA CLOUD INDONESIA MELALUI PROGRAM AAEP COLLABORATION, MOA CEREMONY DAN MINI SEMINAR

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui Fakultas Teknik melakukan internship dan mini seminar dengan perusahaan skala internasional Alibaba Cloud Indonesia. Bertempat di Aula Lantai 3 Gedung KPLT, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis (21/12), UNY melakukan penandatanganan MoA untuk peningkatan keahlian bagi civitas akademika Fakultas Teknik UNY di bidang cloud server melalui Alibaba dengan topik Alibaba Cloud Academy Empowerment Program A Digital Cloud Technology & Alibaba Cloud Technology Introduction Alibaba Cloud Career Program and Internship Overview.

Seremonial penandatanganan MoA dihadiri oleh pejabat di lingkungan Fakultas Teknik UNY yaitu Wakil Dekan Bidang Riset, Kerja Sama dan Sistem Informasi & Usaha Dr. Drs. Totok Heru Tri Maryadi, MPd, Departemen Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika dihadiri oleh Ketua Departemen Dr. Ir. Masduki Zakarijah, M.T., Sekretaris Departemen Ir. Satriyo Agung Dewanto, MPd, Koordinator Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Handaru Jati, Ph.D, Koordinator Program Studi Teknologi Informasi Nurkhamid, Ph.D, Koordinator Program Studi Pendidikan Teknik Elektro yang diwakili oleh beberapa dosen dari lingkungan PTE, serta jajaran manajemen Alibaba Cloud yaitu Director of Solution Architech Eggy Tanujawijaya, Training Ops Specialist Bayu Irawan dan Marketing Manager Ghendis Kayira.  

Dalam sambutannya Dr. Totok Heru menyampaikan komitmen UNY melalui FT UNY senantiasa meningkatkan kompetensi bagi dosen dan mahasiswa melalui program kerja sama pelatihan dalam bidang teknologi informasi (Cloud Server Alibaba). Pada sesi seminar Eggy menyampaikan milestone of Alibaba Groupcloud introduction manage service SAAS dan PAAS selain itu Eggy pun menegaskan bahwa universitas di Indonesia merupakan salah satu fokus pasar bagi Alibaba Cloud melalui program Alibaba Cloud Academy perusahaan menghadirkan layanan di sektor pendidikan dan perkembangan teknologi dengan potensi menjanjikan, dilanjutkan oleh Bayu dengan pembahasan terkait Alibaba Cloud AcademyDigital Transformation, Technology Landscape dan diakhiri oleh  Gendhis memberikan paparan tentang peluang karir pada dunia teknologi informasi dan Alibaba Cloud Indonesia.  

Dalam kesempatan tersebut, kedua pihak melakukan penandatanganan MoA untuk peningkatan kerja sama, pada dasarnya DPTEI FT UNY dan Alibaba Cloud Indonesia berupaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang terampil dan memiliki keahlian dalam pengelolaan cloud server. Seremonial ditutup dengan pertukaran cinderamata dan foto bersama. (JUN)

Indonesian