Uji Kompetensi Mahasiswa Elektronika di bidang Operator Terlatih Assembly & Solder

Perkembangan zaman yang semakin pesat mempengaruhi berbagai macam aspek kehidupan terutama dunia usaha dan dunia industri yang semakin memperketat persaingan calon tenaga kerja. Hal ini membuat kebutuhan kompetensi lulusan Universitas harus terus ditingkatkan. Untuk menghadapi tantangan tersebut diatas, maka Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) khususnya prodi Pendidikan Teknik ELektronika terus berupaya memperkuat daya saing dan keunggulan kompetitif di semua sektor dengan mengandalkan pada kualitas dan kemampuan sumber daya manusia dengan penguasaan teknologi dan manajemen. Salah satu pembuktian upaya tersebut adalah kembali mengadakan Uji Kompetensi untuk mahasiswa. Kegiatan Uji Kompetensi bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Elektronika Indonesia (LSP EI).

Kegiatan Uji Kompetensi mahasiswa dengan skema Operator Terlatih Assembly & Solder 3 telah dilaksanakan pada hari Selasa, 08 Juni 2021 bertempat di Laboratorium Elektronika dasar dan Laboratorium Instrumentasi JPTEI FT UNY. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 20 orang dengan menggunakan protokol Kesehatan yang ketat karena masih dalam kondisi pandemi. Dalam kegiatan uji kompetensi ini antusiasme peserta yang mendaftar program kegiatan ini cukup besar, namun karena keterbatasan slot peserta sehingga dilakukan seleksi sebelumnya. Asesor yang menguji keterampilan mahasiswa berasal dari LSP EI berjumlah 2 orang dengan masing-masing asesor menguji 10 peserta. Kompetensi yang diujikan meliputi identifikasi komponen elektronika, asselmbly komponen, soldering, desoldering, dan pengujian rangkaian elektronika.

Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan uji kompetensi ini adalah sebagai upaya prodi dalam meningkatkan daya saing dan keunggulan kompetitif lulusan di semua sektor dengan mengandalkan pada kualitas dan kemampuan sumber daya manusia dengan penguasaan teknologi dan manajemen. “Melalui kegiatan ini, diharapkan program Uji Kompetensi ini akan menjadi modal bagi lulusan nantinya untuk memenuhi syarat atau kualifikasi di dunia kerja melalui bukti sertifikat hasil program Uji Kompetensi yang didapat peserta uji”, ungkap Anggun Winursito, M.Eng sebagai koordinator dalam kegiatan ini.
 

Indonesian