PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) DOSEN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMKN 2 WONOSOBO DALAM RANGKA MENYIAPKAN TENAGA PENDIDIK PROFESIONAL DI BIDANGNYA

Pengabdian kepada masyarakat merupakan konsep dimana seseorang atau sekelompok orang menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya mereka untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat atau komunitas tertentu. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat tersebut, memperbaiki kondisi sosial, ekonomi, lingkungan, atau budaya, serta mempromosikan keadilan sosial.

Departemen Pendidikan Teknik elektronika dan informatika menyelenggarakan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk kebutuhan kelompok Riset Group. Adapun Tim Riset Group Vocational Curriculum and learning center (VCL) yang diketuai oleh Prof. Dr. Drs. Putu Sudira, MP, Dr. Nuryake Fajaryati, S.Pd.T., M.Pd, Pipit Utami, S.Pd.T., M.Pd., Rangga Bayu Rinawan, M.Pd, Yussi Anggraini, M.Pd. Pelaksanaan kegiatan PKM dilaksanakan di SMKN 2 Wonosobo pada tanggal 22 April 2024. Tim RG mengangkat judul tentang “‘PELATIHAN IMPLEMENTASI WAWASAN OKUPASI, KARIR, DAN PROFESI LULUSAN SMK MELALUI PEMBELAJARAN”. Kegiatan ini bertujuan untuk urgensinya bagi pengembangan pendidikan kejuruan serta peningkatan kompetensi guru. Hasil akhir dari kegiatan PKM ini nantinya berupa Hasil RPS dari guru yang didalamnya sudah memuat indicator okupasi, karir, dan profesi lulusan SMK. Selain itu juga adanya handbook atau tutorial beberapa media pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi Guru Di SMKN 2 Wonosobo.

Berdasarkan pemaparan tersebut diperlukannya peningkatan peran guru dalam membimbing siswa untuk mengembangkan identitas karir dan kompetensi karir. Guru diharapkan untuk membantu siswa mengevaluasi kualitas dan keterampilan mereka, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan pasar kerja yang dinamis, dan melatih mereka dalam membuat pilihan karir yang tepat. dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi pengajar untuk mampu menerapkan kedalam rangkaian proses pembelajaran dikelas yang diintegrasikan dengan okupasi, karir dan profesi lulusan.

 

(YUS)

Indonesian