SITI FADHILAH MEMBAWA UNY MENJADI FINALIS INDONESIA NEXT 2016 SERTA BERKESEMPATAN KUNJUNGI SILICON VALLEY - AMERIKA SERIKAT

Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, Siti Fadhilah terpilih menjadi satu dari 18 Finalis IndonesiaNEXT yang diadakan oleh Telkomsel. IndonesiaNEXT adalah program CSR Telkomsel yang bertujuan untuk mengikatkan kapasitas generasi muda bangasa melalui program sertifikasi keahlian bagi para mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif seperti Masyarakat Ekonomi Asean.

Seleksi awal dilaksanakan dengan sertifikasi internasional dan nasional kepada kurang lebih 1000 mahasiswa dari kota Yogyakarta, dari 1000 mahasiwa tersebut diseleksi yang menjadi 200 besar. Adapaun sertifikasi internasional yang dapat dipilih pada tahap seleksi 1000 dan 200 besar antara lain Micosoft Office Specialist, Microsoft Technical Associate, Adobe Certifed Assosiate, dan Autodesk Certified User. Sedangakan sertifikasi nasional yang dapat diikuti oleh peserta IndonesiaNEXT diberikan oleh Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII), Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), dan Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI). Siti Fadhilah berhasil lulus dua sertifikasi internasional dari Microsoft Office Specialist.

Dengan proses sertifikasi yang sama dari 200 mahasiswa tersebut diseleksi menjadi 20 besar. Pada tahap 20 besar mahasiswa diuji kompetensinya dengan sertifikasi Project Manager oleh BNSP, dengan projek bertemakan “Proyek Pelatihan Guru-guru Pedalaman” Siti Fadhilah berhasil menjadi salah satu dari 5 mahasiwa terbaik dari kota Yogyakarta dalam sertifikasi BNSP tersebut.

Pada tahap akhir 30 mahasiwa yang berasal dari enam kota di mana IndonesiNEXT 2016 diselenggarakan, dikumpulkan untuk mengikuti bootcamp dan seleksi penentuan 18 peserta yang akan mengikuti short course di Silicon Valley, Amerika Serikat. Setelah melalui tantangan berupa studi kasus dan wawancara oleh dewan juri IndonesiaNEXT, di puncak acara IndonesiaNEXT di Grha Sabha UGM pada 8 Desember 2016 lalu Siti Fadhilah diumumkan menjadi salah satu mahasiwa yang terpilih untuk mengikuti short course di Silicon Valley, Amerika Serikat pada tanggal 9 - 23 April 2017 mendatang. (Fad)

Undefined