Presentasikan Augmented Reality: Mahasiswa UNY Juara 2 LKTI NETS 2016

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang tergabung dalam UKM Penelitian UNY berhasil meraih juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional National Economic Events (NETs) 2016 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Tim yang diketuai oleh mahasiswi Program Studi (Prodi) Psikologi, Astri Anggraeni serta beranggotakan Ahmad Muzaki Salman Alfaris (dari Prodi Pendidikan Teknik Informatika) dan Aji Budi Rinekso (dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris). Delegasi dari UNY berhasil lolos menjadi 8 besar finalis LKTI NETs bersama dengan delegasi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Ganesha Bali, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Islam Negeri Jakarta.
National Economic Events (NETS) merupakan salah satu acara besar tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (Himesbang FEB UNSOED). Bekerja sama dengan Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Jenderal Soedirman, berlangsung di Purwokerto pada 31/5-3/6.
Karya tulis yang dibuat berjudul Three Dimesions Virtual Catalogue (3D-Vicat), aplikasi promosi destinasi pariwisata Indonesia berbasis Augmented Reality.. 3D-Vicat merupakan aplikasi katalog yang menampilkan destinasi objek pariwisata Indonesia secara virtual 3 dimensi. Konsep yang digunakan adalah memasukkan objek virtual 3 dimensi kedalam lingkungan nyata secara realtime sehingga pengguna seolah-olah dapat melihat objek wisata tersebut secara nyata. Adapun mekanisme penampilan objek secara 3 dimensi dimulai dengan dipindainya marker menggunakan kamera smartphone dan aplikasi akan mendeteksi marker tersebut dan mencocokkannya dengan template yang sebelumnya telah disimpan pada database. Jika marker cocok dengan template yang tersedia maka objek 3 dimensi akan ditampilkan pada layar smartphone.(Sumber:www.uny.ac.id)

Undefined