PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DOSEN JPTEI FT UNY: PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN

Pengabdian pada Masyarakat Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika (JPTEI) FT UNY: Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SMK N 2 Depok Sleman

oleh : Djoko Santoso, M.Pd
          Dr. Sri Waluyanti, M.Pd
          Dr. Putu Sudira, M.P.
          Drs. Totok Sukardiyono, M.T.
          Dr. Ir. Fatchul Arifin, M.T.

Mutu produk pendidikan sangat erat kaitannya dengan proses pelaksanaan pembelajaran yang dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain: kurikulum, guru, proses pembelajaran, sarana-prasarana, alat-bahan, manajemen sekolah, lingkungan kerja dan kerjasama industri. Perubahan atau perbaikan pendidikan yang paling efektif adalah melalui peningkatan kualitas guru, karena kualitas pendidikan tidak akan melampaui dari kualitas pengajaran guru. Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, khususnya tingkat SMK berbagai program peningkatan kualitas guru yang profesional telah dilaksanakan melalui pelatihan berkaitan dengan PBM, Uji Kompetensi Guru, pelatihan di bidang evaluasi pembelajaran dan penelitian.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dipandang sebagai bentuk penelitian peningkatan kualitas pembelajaran yang paling tepat karena selain sebagai peneliti guru juga bertindak sebagai pelaksana PBM sehingga tahu betul permasalahan yang dihadapi, dan kondisi yang ingin dicapai. Namun antusiasme guru masih kurang karena keterbatasan anggaran, kemampuan dan pengalaman penelitian. Keterbatasan tersebut dikarenakan guru belum dituntut mutlak untuk melakukan penelitian dan juga belum tersedia anggaran penelitian secara rutin.  

Disisi lain dengan adanya Pengabdian pada Masyarakat (PPM) yang berkaitan dengan penelitian tindakan akan diperoleh beberapa manfaat antara lain: dalam PLPG, PPG baik prajab, daljab maupun daring guru diberi materi PTK, demikian pula jika ada mahasiswa yang akan melaksanakan penelitian tindakan kelas para guru dapat mendampingi dan membimbing. Sisi lain guru dapat diajak berkolaborasi denga pihak perguruan tinggi yang berkaitan dengan kegiatan PLP mahasiswa.

Berdasarkan analisis situasi inilah, maka dipandang perlu untuk meningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) khususnya bagi guru-guru SMK N 2 Depok Sleman. Sehingga, tujuan kegiatan PPM ini diarahkan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru SMK N 2 Depok Sleman dalam menyusun dan melaksanakan PTK melalui pelatihan di sekolah. Adapun manfaat yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini adalah berkembangnya budaya meneliti di sekolah dan meningkatkan partisipasi kegiatan PTK yang dilakukan di dalam kelas tanpa harus meninggalkan kegiatan PBM di kelas.

Kegiatan PPM ini telah dilaksanakan pada hari Rabu, 10 April 2019 di SMK N 2 Depok Sleman. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian ini adalah 40 peserta guru SMK. Sebanyak enam (6) narusumber yaitu Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika (JPTEI), FT, UNY memberikan pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun materi yang diberikan selama pelatihan adalah sebagai berikut.

  1. Permasalahan Pembelajaran Kejuruan di SMK.
  2. Sistematika Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas
  3. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.
  4. Refleksi Pembelajaran Kunci Keberhasilan CPD (Pengembangan Profesionalisme Berkelanjutan) Guru.


Kegiatan pengabdian ini mendapat sambutan yang positif dari guru-guru SMK N 2 Depok Sleman. Pada awalnya kegiatan ini hanya ditargetkan untuk 25 peserta namun jumlah peserta yang hadir melibihi target yaitu 40 peserta. Selain itu, peserta yang hadir sangat antusias mengikuti semua materi yang diberikan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta. Pertanyaan yang diberikan peserta sangat spesifik dan teknis terkait langka-langkah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), proses, hambatan, dan lain sebagainya. Pada akhir kegiatan, peserta mendapatkan tugas untuk membuat proposal dan laporan PTK dalam waktu tiga (bulan) setelah pelatihan. Tugas tersebut dikerjakan dengan pendampingan dari narasumber yang merupakan Dosen JPTEI FT UNY.

Berikut ini beberapa foto kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Dosen JPTEI FT UNY di SMK N 2 Depok pada Tahun 2019.

   
   

Indonesian