PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DOSEN JPTEI FT UNY: PELATIHAN DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY SEBAGAI UPAYA PENGUATAN SUMBERDAYA DESA WISATA SIDOREJO DALAM BIDANG MULTIMEDIA

Pengabdian pada Masyarakat Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika (JPTEI) FT UNY: Pelatihan Director of Photography Sebagai Upaya Penguatan Sumberdaya Desa Wisata Sidorejo Dalam Bidang Multimedia

oleh : Drs. Muhammad Munir, M.Pd.
          Satriyo Agung Dewanto S.T., S.Pd.T., M.Pd.
          Muhammad Izzuddin Mahali, M.Cs.
          Nur Hasanah, S.T., M.Cs.
          Bekti Wulandari S.Pd.T., M.Pd.
          Arya Sony, S.T., M.Eng.

Perkembangan bidang multimedia yang terus berkembang dan semakin canggih pada kehidupan di dalam era digital revolusi industri 4.0 ini membuat manusia tidak dapat lepas dari teknologi telpon pintar (smartphone). Alat tersebut banyak digunakan untuk memperoleh informasi yang kita inginkan baik dalam bentuk teks, gambar, maupun video. Teknologi informasi dan komunikasi yang diperlukan oleh pemerintahan baik di tingkat daerah maupun tingkat pusat adalah bisa dengan mudahnya mengenalkan segala potensi dan sumber daya yang dimilikinya kepada masyarakat luas sebagai media promosi.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi perekaman video maju dengan sangat pesat. Seorang yang berperan atas kru kamera dan pencahayaan pada sebuah film, yang bertanggung jawab untuk mendapatkan nilai artistik dan teknis pada pengambilan gambar atau video disebut juga sebagai Director of Photograpy.

Desa Sidorejo merupakan desa yang terletak secara administratif di Kecamatan Lendah Kulon Progo. Salah satu wisata alamnya adalah tempat outbond, akan tetapi informasi yang disebarkan kepada masyarakat terkait wisata tersebut belum maksimal. Selain itu masih banyak potensi wisata yang bisa dijadikan tujuan wisata yang menarik di desa Sidorejo, Lendah, Kulon Progo. Oleh sebab itu, diperlukan teknologi informasi yang baik yang dapat membantu penyebaran informasi secara meluas dan memberikan peluang datangnya wisatawan.

Berdasarkan kondisi-kondisi tersebut, maka perlu adanya peningkatan sumberdaya khususnya bagi warga desa Sidorejo dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pembuatan video. Sumber daya manusia desa Sidorejo masih rendah untuk membuat media promosi, maka pelatihan pembuatan video ini akan diberikan kepada pemuda dan perangkat desa. Dengan diberikan pelatihan pembuatan video ini, warga desa Sidorejo dapat memanfaatkan ketrampilan dan pengetahuan baru tersebut. 

Secara umum kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) yang diselenggarakan pada Tanggal 22 dan 28 April 2019 serta 05 Mei 2019 ini berupa: (1) pemaparan materi teoritis berupa ceramah, diskusi, dan tanya jawab; dan (2) pendampingan pengembangan video yang khususnya untuk profil desa. Selain kedua metode tersebut, tim juga menyediakan fasilitas konsultasi menggunakan teknologi komunikasi (on line) atau dapat dengan konsultasi langsung dengan menemui tim di Laboratorium Multimedia dan Virtual Reality, FT UNY. Dengan metode tersebut, diharapkan kegiatan ini benar-benar bisa membantu peserta dalam pelaksanakan pengembangan video profil desa untuk media promosi desa wisata.

Pelaksanaan PPM dilaksanakan dalam waktu tiga (3) hari dengan uraian sebagai berikut.

  1. Pada hari pertama memberikan sosialisai awal pentingnya pemberdayaan sumber daya manusia sebagai pelaksana promosi desa dan dilanjutkan penyampaian materi pengantar multimedia dan pembuatan storyboard.
  2. Pada hari kedua melakukan pendampingan dalam menyiapkan materi dan bahan yang akan dibuat dalam video profil desa dan melakukan pengambilan video.
  3. Pada hari ketiga melakukan pendampingan dalam melakukan editing video.


Pemateri dalam kegiatan pelatihan ini adalah enam (6) Dosen dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika (JPTEI), FT, UNY. Selain itu, sebanyak tiga (3) mahasiswa juga dilibatkan untuk membantu pelaksanaan pelatihan. Peserta dalam pelatihan ini adalah warga desa Sidorejo (dengan orientasi pemuda dan perangkat desa) sebanyak 25 orang. Seluruh peserta antusias mengikuti kegiatan ini mulai dari hari pertama hingga hari terakhir. Hal ini ditunjukkan oleh keaktifan peserta dalam diskusi dengan para pemateri terutama terkait editing video.

Berikut ini beberapa foto kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Dosen JPTEI FT UNY di Desa Wisata Sidorejo pada Tahun 2019.

     

     

 

Indonesian