Kali Pertama JPTEI Akan Selenggarakan Seminar Internasional ICE-ELINVO 2018

Setelah sukses menyelenggarakan Seminar nasional Electronics, Informatics, and Vocational Education tiga tahun berturut-turut; 2015, 2016, dan 2017. Kali ini Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika mengukuhkan untuk naik ke level internasional. Seminar internasioanl yang akan diselealenggarakan pada 13 Sepetember 2018 itu dengan nama International Conference on Electrical, Electronics, Informatics, and Vocational Education (ICE-ELINVO) di Digital Library Universitas Negeri Yogyakarta. Tema konferensi 2018 adalah "Sharpening The Capability Of Electrical, Electronics, Information Engineering And Vocational Education Toward Industry 4.0".

Industri 4.0 (I4.0) kini telah digunakan untuk otomatisasi ke tingkat berikutnya, memasukkan interoperabilitas, transparansi informasi, bantuan teknis, dan pengambilan keputusan yang terdesentralisasi. Tantangannya meliputi keamanan data, keandalan, stabilitas, integritas, teknologi, dan masalah manusia/sosial dan pendidikan. Meski tetap ideal, I4.0 akan terwujud. Ini menjadi tantangan bagi teknik elektro, elektronika, informasi, dan pendidikan kejuruan: di mana kita berada sekarang, dan ke mana kita pergi.

Kemunculan I4.0 perlu disikapi dengan bidang keilmuan kita. ICE-ELINVO mengundang peserta dari bidang kelistrikan, elektronika, teknik informasi, dan pendidikan kejuruan dapat berbagi gagasan, temuan penelitian, teoritis atau praktis, dalam konferensi untuk menjawab topik yang luas, secara umum, atau topik spesifik. Sesuai rencana seminar ini akan dihadiri oleh keynote speaker Prof. Dr. Jemal H. Abawajy seorang professor of Engineering and Built Environment, Deakin University – Australia. Prof. Gwo-Dong Chen, Ph.D. seorang professor of Computer Science and Information Engineering, National Central University – Taiwan. Dari dalam negeri Prof. Soenarto, Ph.D. Professor of Vocational Education, Universitas Negeri Yogyakarta sekaligus Kaprodi S3 Pendidikan Teknologi dan Kejuaruan. Terakhir Dr. Cho Eunsang Head of TVET and Skills Development team at UNESCO Bangkok – Thailand.

Harapan dari seminar ini menjadikan forum bertemunya para pakar, peneliti dan pelaku bidang-bidang terkait untuk menajamkan kegiatan ilmiah. Mari bergabung dan salam harmoni dari Yogyakarta. “Untuk para calon peserta pemakalah dalam dan luar negeri maka silahkan login ke www.ice-elinvo.uny.ac.id” pungkas Ketua ICE-ELINVO, Dr. phil. Rahmatul Irfan. (MUS)

Undefined